Saturday, October 13, 2007

Pulau Mursala: Saat Wahab bin Qabishah Mendarat Di Tapanuli Tahun 627 M

Tapteng (SIB)

Fenomana alam wisata Pulau Mursala ( Mursala Island ) dengan pantai pasir putihnya sangat luar biasa dan merupakan objek wisata bahari yang paling indah di kawasan pantai Barat Sumut. Pulau Mursala sangat nyaman dan belum mengalami kerusakan ekosistem (habitat) serta lingkungan alam sekitarnya masih alami. Pulau Mursala adalah wisata yang menggabungkan alam, seni dan budaya yang akan menjadi satu-satunya di dunia.

Demikian hasil survei lokasi yang dilakukan investor asal Bali Nyoman Nuarta yang disampaikan Lilik Panadi selaku Direktur Perencanaan dan Design PT SNN (Siluet Nyoman Nuarta ) kepada wartawan, Minggu (15/4) di Hotel Wisata Indah Sibolga, usai melakukan survei bersama tim investor dan Pemkab Tapteng di kawasan Pulau Mursala.

Turut menyertai rombongan PT SNN melakukan survei, Sekdakab Baharuddin Manik SE, Kadis Pariwisata Ir Panahatan Hutabarat, Kadis Pendapatan Drs Henri Tobing, Kadis JJ Ir M Lumbantobing, Kabag Umum Drs Philips Hutabarat, Kabag Humas Samosir Pasaribu, SIP dan pejabat Pemkab lainnya.

Menurut dia,keunikan dari pulau Mursala adalah tersedianya objek wisata air terjun dengan ketinggian lebih kurang 50 meter yang langsung tercurah ke laut. Mursala merupakan sebuah proyeksi tempat wisata yang unik dan spektakuler, sebab jika ingin berpetualang, ada snorking dan diving yang memperlihatkan secara dekat 700 macam ikan tropis. “Resort pribadi menghadap air laut yang jernih menciptakan suasana pulau di dalam pulau lebih dari sekedar pulau tempat peristirahatan dan pulau eksotis yang romantis . Air biru yang jernih di sekitar pulau yang dikelilingi laguna besar sangat memukau sebagai tempat tujuan wisata bahari,” katanya.

Ia berpendapat, apabila nantinya kawasan wisata di bukit Anugerah telah rampung , maka kawasan wisata pulau Mursala pun secara otomatis akan menjadi salah satu pilihan wisata para turis yang ingin menikmati keindahan alam Tapteng.” Pada hakekatnya, konsep pengelolaan kawasan wisata bukit Anugerah harus dapat saling mengisi dengan kawasan wisata lain seperti pulau Mursala, Parapat, Danau Toba dan lokasi wisata lainnya di Sumut. Patung karya Nyoman Nuarta yang akan diletakkan di atas dan di bawah laut menjadikan pulau Mursala menjadi pulau wisata dengan konsep unik,” cetusnya.

Pulau Mursala memiliki luas lebih kurang 800 Ha ditempuh selama satu jam dari kota Pandan dan Sibolga. Di sekitar pulau Mursala , terdapat pulau-pulau kecil yang juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kegiatan wisata bahari antara lain, Pulau Putri, Pulau Silabu-labu Na Godang (besar), Pulau Silabu-labu Na Menek (kecil), Pulau Kalimantung, Pulau Jambe, Teluk Labuhan Hunik, dan Pulau Situngkus serta Pulau Puncan di Kecamatan Tapian Nauli.

SIMALUNGUN

 

Copyright © 2009 by Milyarder Batak