Oleh: Khaerunissa
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Abstract
This paper discusses metaphors in the Mandailing language based on the classification of semantic human perception (Haley's model) and pragmatic approaches found in traditional ceremony Mangupa. The Mandailing Society's (MS) knowledge on semantic human perception is very significant.
The category mostly found for animates shows that the members of the MS help one another for good purposes. The being category indicates the MS's curiosity on abstract things, the object category means that the MS must be responsible to the necleus family and to the extended one, cosmos, terrestrial, the living and human category shows that there are some sides that may not be opposed in life. The
last category, energy and substance, mean that the members of the MS must not only think of themselves but also the others.
Keywords:
metaphors, pragmatic approaches, the Mandailing Soceity, semantic human perception
PENDAHULUAN
Setiap suku mempunyai adat istiadat tersendiri yang berbeda satu dengan lain-nya. Walaupun berbeda namun adat istiadat tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu mendidik masyarakatnya berbudi luhur, bersopan santun, kasih sayang dan berbuat baik terhadap sesama anggota masyarakatnya.
Masyarakat Mandailing (MM) adalah salah satu sub etnik Batak yang ada di Sumatera Utara. MM memiliki marga-marga yang menunjukkan keturunannya menurut garis ayah (patrilinial) . MM mempunyai bahasa Mandailing sebagai lambang identitas dan manifestasi eksistensi.
Eksistensi yang dimaksud adalah sebagai makhluk yang bermasyarakat atau makhluk
sosial dimana kemasyarakatan itu sendiri terbentuk dengan adanya bahasa. Falsafah
hidup MM selalu ditemukan dalam perumpamaan yang didapati dalam upacara adat.
Perumpamaan- perumpamaan itu tidak hanya mengemukakan peran, hukum maupun keinginan tetapi juga melambangkan ekspresi pikiran dalam mencari tahu arti hidup dan kehidupan manusia. Dengan kata lain, perumpamaan merupakan ungkapan kebahasaan yang menuntun manusia pada pemahaman realitas kehidupan melalui pelambangan atau kiasan. Salah
satu bentuk dari perumpamaan- perumpamaan itu adalah metafora. Dengan demikian makna yang terkandung dalam metafora dapat ditelusuri melalui pemahaman terhadap apa sesuatu itu dibandingkan atau dianalogikan. Metafora tersebut biasanya terdapat pada upacara adat perkawinan, upacara kematian, syukuran karena baru melahirkan dan
memasuki rumah baru. Namun pada tulisan ini pembahasan metafora dalam upacara adat dibatasi pada upacara adat perkawinan dan memasuki rumah baru yang disebut dengan upacara mangupa.
Mangupa adalah upacara adat dalam kehidupan masyarakat Mandailing yang lahir dari penghayatan leluhur masyarakat Mandailing terhadap keberadaan zat yang gaib, yang berkuasa, yang mengatur alam semesta termasuk perjalanan hidup manusia. Agar keselamatan dan kesuksesan manusia tercapai, di dalam adat Mandailing selalu dilaksanakan upacara mangupa. (Harahap 1991).
Dalam struktur hukum adat Mandailing dikenal sistem kekerabatan
yang disebut dengan Dalihan Na Tolu (DNT). Secara etimolgis DNT
berarti
`tungku yang tiga'. Tungku artinya `tempat untuk menjerangkan periuk
ke atas
api pada waktu memasak'. Ketiga tungku ini berukuran sama dan harus
disusun dalam keadaan seimbang sehingga kecil kemungkinan periuknya
untuk
jatuh. Adanya ketiga tungku yang sama menunjukkan bahwa MM mempunyai
persamaan derajat, yang berbeda adalah tugas dan fungsi mereka di
dalam adat.
Yang dimaksud dengan ketiga tungku itu adalah kahanggi, anak boru dan
mora. Kahanggi adalah barisan orang yang semarga atau sepewarisan,
anak
boru adalah orang yang bermarga lain dari kita yang merupakan
kelompok
yang menikahi anak gadis kita (boru kita) atau anak boru ialah semua
famili
pihak suami saudara kita perempuan. Mora adalah kelompok orang-orang
tempat kita mengambil boru atau isteri, atau semua famili pihak
saudara ibu
ataupun keluarga menantu kita perempuan.
Tulisan ini memuat tentang metafora yang terdapat pada upacara adat
mangupa masyarakat Mandailing yang merupakan persepsi masyarakat pe-
nuturnya dengan pendekatan pragmatik. Hal ini dilakukan karena
pemahaman
tentang metafora sebagai ungkapan kebahasaan yang memiliki lambang
kias
harus dipahami melalui konteks. Selanjutnya metafora diklasifikasi
menurut
medan semantik ruang persepsi model Michael C. Haley. Haley (dalam
Wahab
1995) mengatakan bahwa lambang dari metafora dapat di-golongkan
berdasarkan klasifikasi medan semantik ruang persepsi manusia
menjadi being,
cosmos, energy, substance, terrestrial, object, living, animate dan
human.
Metafora yang ditampilkan dalam tulisan ini merupakan salah satu
pelestarian nilai budaya yang berakar pada khazanah linguistik lokal
yang
terungkap dalam kehidupan sehari-hari di Mandailing. Pembinaan dan
pe-
ngembangan bahasa daerah ini sangat penting karena dianggap sebagai
pemerkaya kebudayaan nasional dan nilai-nilai kebudayaan tradisional.
Kebudayaan tradisional hanya dapat dimengerti melalui ungkapan bahasa
daerah masyarakatnya (Sibarani 2003).
Metafora telah banyak diteliti dalam kaitannya dengan berbagai
disiplin ilmu, misalnya hubungan metafora dengan teori linguistik
(Jerrold M.
Seddock, David Rummelhart, dalam Andrew Ortony 1979; Wahab 1995;
Silalahi 2005; Siregar 2004; Hasibuan 2005; dan Purba 2000);;
hubungan
metafora dengan psikologi (Allan Paivio, Bruce Fraser, Andrew Ortony
dan
G.A. Miller juga dalam Andrew Ortony 1979); hubungan metafora dengan
sosiologi (Donald P.Schon, Michael J.Reddy, Robert J.Stenberg dalam
buku
yang sama); dan hubungan metafora dengan pendidikan (dalam buku yang
sama, dibahas oleh Hugh G. Petrie dan Thomas G. Sticht).
1. METAFORA
Bagi sebagian orang penggunaan metafora dalam interaksi dan
komunikasi
sehari-hari boleh jadi hanya merupakan bagian dari gaya berbahasa
sehingga
fungsinya hanya sebagai variasi retoris. Pembicara akan menggunakan
suatu
ekspresi figuratif ketika dirasakannya tidak ada bahasa literal yang
mampu
menghasilkan efek yang sama atau tidak ada bahasa literal yang
sepadan
dengan bahasa figuratif untuk menyampaikan makna yang diinginkannya
sehingga memperoleh respon yang sama.
Dalam retorika tradisional, metafora digolongkan sebagai sebuah
kiasan, yakni sebagai sebuah gambaran yang mengklasifikasikan adanya
variasi makna dalam penggunaan kata dan lebih tepatnya dalam proses
denominasi. Sebuah metafora dijelaskan sebagai pengaplikasian
sesuatu dari
sebuah nama yang menjadi milik sesuatu yang lain dan secara
proporsional
dengan cara perbandingan yang ditandai secara eksplisit oleh suatu
tema
komparatif, misalnya "seperti….", dengan kata lain perbandingan
merupakan
sebuah bentuk perluasan metafora. Secara sederhana dapat dikatakan
metafora
adalah komparasi yang menjembatani (Ricoeur 2002).
Beardsley (dalam Ricoeur 2002) mengatakan metafora adalah sebuah
puisi miniatur. Dengan begitu hubungan antara makna literal dan makna
figuratif dalam sebuah metafora adalah seperti versi penjembatan
dalam
kalimat tunggal dari harmonisasi signifikansi kompleks yang memberi
karakter
unik pada karya literer sebagai sebuah keutuhan. Karya literer yang
dimaksudkan di sini adalah karya wacana yang berbeda dengan karya
wacana
lain, khususnya wacana sains yang membawa makna eksplisit dan
implisit ke
alam suatu hubungan. Dalam kaitannya dengan metafora ini, Lakoff dan
Johnson (1980) berpendapat:
"Our conventional ways of talking about arguments presuppose
a metaphor we are hardly ever conscious of. The metaphor is not
merely in the world we use … it is in our very concept of an
argument. On the contrary, human thought processes are largely
metaphorical. This is what we mean when we say that the human
conceptual system is metaphorically structured and define".
Pendapat tentang Lakoff ini mengisyarakatkan bahwa metafora bukan
semata-
semata dalam kata-kata yang kita gunakan tetapi lebih dari itu ia
merupakan
fakta bahwa proses berpikir manusia dan sistem pemahamannya sebagian
adalah metaforis.
Adapun Wahab (1995) mengatakan bahwa metafora terletak pada
perannya yang penting dalam menentukan hubungan antara bahasa
pengetahu-
an manusia dengan dunia yang diinginkannya. Ia menambahkan bahwa
metafora sebagai ungkapan kebahasaan yang maknanya tidak dapat
dijangkau
secara langsung dari lambang karena makna yang dimaksud terdapat pada
prediksi ungkapan kebahasaan itu. Dengan kata lain, metafora adalah
pe-
mahaman dari pengalaman akan sejenis hal yang dimaksudkan untuk
perihal
yang lain. Senada dengan hal ini, Taylor (dalam Siregar 2004)
menyatakan
metafora tidak dipahami sebagai pelanggaran penutur terhadap kaidah
kompe-
tensi bahasa. Sebaliknya paradigma kognitif melihat metafora sebagai
alat untuk mengkonseptualisasi kan ranah-ranah pengalaman abstrak dan
tidak ter-
bawa ke dalam ranah yang konkret dan akrab.
2. PRAGMATIK
Pragmatik adalah cabang ilmu bahasa yang mempelajari struktur bahasa
secara
eksternal, yakni bagaimana satuan kebahasaan itu digunakan dalam
komu-
nikasi. Menurut Leech (1993), pragmatik adalah studi mengenai makna
ujaran
dalam situasi tertentu. Sementara Levinson (dalam Siregar 2002) men-
definisikan pragmatik sebagai telaah mengenai relasi antar bahasa
dan konteks
yang merupakan dasar bagi suatu catatan atau laporan pemahaman
bahasa.
Dengan demikian ia merupakan telaah mengenai kemampuan pemakai bahasa
dalam menghubungkan serta menyerasikan kalimat-kalimat dan konteks
secara
tepat. Pragmatik dan tindak tutur memandang konteks sebagai
pengetahuan
bersama antara pembicara dan pendengar dan pengetahuan tersebut
mengarah
pada interpretasi suatu tuturan. Pengetahuan atau konteks tertentu
dapat
mengakibatkan manusia mengidentifikasi jenis-jenis tindak tutur yang
berbeda.
Berbicara tentang pragmatik di dalam mangupa berarti berbicara
tentang penggunaan perangkat tindak tutur dalam tuturan. Kehadiran
perangkat
tindak tutur ini ada yang wajib dan ada pula yang bersifat opsional
bergantung
kepada kepentingannya. Searle (dalam Wijana 1969) mengatakan bahwa
secara
pragmatis setidak-tidaknya ada tiga jenis tindakan yang dapat
diwujudkan oleh
seorang penutur, yaitu tindak lokusi, tindak ilokusi dan tindak
perlokusi.Tindak
lokusi adalah tindak tutur yang digunakan untuk menyatakan sesuatu,
tindak
ilokusi adalah tindak yang digunakan selain untuk menyatakan sesuatu
juga
digunakan untuk melakukan sesuatu sedangkan tindak perlokusi adalah
tindak
tutur yang pengutaraannya dimaksudkan untuk mempengaruhi lawan tutur.
Berkaitan dengan hal ini untuk memahami metafora dalam upacara
mangupa harus terikat dengan konteks. Misalnya dalam masyarakat
Mandailing ditemukan ungkapan metaforis ulos na so ra buruk yang
bermakna
adat yang tidak akan pernah punah. Adat itu dilambangkan kepada ulos
yang
tidak akan rusak sampai kapanpun.
3. KATEGORI RUANG PERSEPSI
3.1 Kategori Keadaan
Menurut hierarki medan semantik ruang persepsi manusia yang paling
jauh
adalah keadaan (being). Keadaan dikatakan jauh karena ia memiliki
konsep
dari pengalaman manusia yang abstrak. Konsep abstrak itu meskipun
ada tetapi
tidak dapat dihayati langsung oleh panca indera manusia. Dalam
bahasa Man-
dailing ditemukan metafora yang berkategori keadaan sebagai berikut.
(1)
Mudah-mudahan nian, talak tangan muyu manarimona songoni muse
dohot marbontar niate-ate……….
`Mudah-mudahan kalian ringan tangan dan memiliki keikhlasan hati
menerimanya' .
Konsep metafora marbontar niate-ate `memiliki keikhlasan hati' tidak
dapat
dilihat bentuknya oleh indera manusia tetapi secara konvensional
dapat
dipahami maknanya. Ia merupakan lambang kias yang harus
diinterpretasikan maknanya. Apabila dikaitkan dengan konteks
kalimatnya metafora tersebut
diucapkan oleh pihak anak boru kepada pihak mora pada waktu meminang.
Dalam tuturan ini anak boru meminta kepada mora agar menerima
mereka dengan senang hati dan rela. Dengan kata lain, tindak ilokusi
yang
terjadi adalah memberi kesan atau pengaruh agar mora sebagai lawan
tutur
mau mendengarkan sekaligus menerima anak boru dengan hati yang
ikhlas.
Dari metafora ini diketahui bahwa keikhlasan itu `ada' meskipun
tidak dapat
dilihat dengan panca indera manusia.
(2)
Horas tondi madingin pir tondi matogu.
`Selamat, semoga semangatnya sejuk dan keras semangat'
Konsep metafora tondi bersifat abstrak. Ia merupakan lambang kias
yang
maknanya hanya dapat diinterpretasikan dalam konteks kalimat. Manusia
dalam pandangan MM terdiri dari tiga bagian yaitu badan, jiwa (roh)
dan tondi.
Badan adalah jasad yang kasar dan nyata, jiwa atau roh adalah benda
abstrak
yang menggerakkan badan kasar dan tondi adalah benda abstrak yang
mengisi
dan menuntun badan kasar dan jiwa dengan tuah sehingga seseorang
kelihatan
berwibawa dan bermarwah. Tondi adalah kekuatan, tenaga, semangat jiwa
yang memelihara ketegaran rohani dan jasmani agar tetap seimbang dan
kukuh
dan menjaga harmoni kehidupan setiap individu. Tondi merupkan zat
yang
berdiri sendiri. Dalam keadaan tidak sadar tondi seseorang berada di
luar badan
dan jiwanya (Harahap 1991).
Dalam budaya Mandailing metafora ini bermakna seseorang akan
sanggup menghadapi setiap ancaman yang datang. Untuk itu seseorang
harus
kuat. Orang yang tidak mempunyai tondi mukanya agak pucat dan tidak
bergairah. Walaupun kadar tondi berbeda untuk setiap orang, tetapi
setiap
orang memiliki tondi tersebut. Tondi itu dapat berpisah dari badan
seseorang
karena sesuatu hal, misalnya apabila seseorang mendapat kesusahan.
Namun,
tondi yang telah hilang dari badan dapat dipanggil kembali melalui
acara adat
yang disebut mangupa. Apabila kita cermati, situasi tuturan terjadi
pada saat
pengetua adat atau raja memberi nasihat kepada kedua mempelai dan
ilokusinya adalah agar keduanya dapat melaksanakan nasihat tersebut
nantinya.
(3)
… anso ulang on manjadi ngot-ngot i bagasan ipon sangatungkol i
bagasan ngadol
`… supaya jangan lagi terasa sakit di dalam gigi atau rasa sakit di
dalam geraham'
Konsep metafora ngot-ngot i bagasan ipon sangatungkol i bagasan
ngadol,
walaupun tidak dapat dilihat oleh indera, dapat dipahami apabila
diinterpretasikan maknanya. Metafora ini bermakna cita-cita yang
telah ber-
hasil dilaksanakan oleh anak boru yang telah lama tertanam di dalam
hatinya
dan sekarang tidak lagi menjadi pikirannya.
Apabila dikaitkan dengan konsep dalihan natolu metafora ini di-
sampaikan oleh suhut dan anak boru kepada hatobangon pada waktu
diadakan
musyawarah sebelum acara perkawinan karena cita-citanya akan
menunjukkan
kasih sayangnya kepada anak laki-lakinya dengan membuat acara adat
yang
besar (marhorja) telah dapat dilaksanakan. Dalam budaya ini ketika
seorang
anak laki-laki lahir kedua orangtuanya merasa bangga dan bercita-
cita akan
membuat adat yang besar apabila anaknya nanti berumah tangga.
Metafora ini
juga bermakna pentingnya anak laki-laki karena ia akan meneruskan
garis keturunan dari ayahnya (patrilinial) . Dampak psikologisnya
sangat berat
apabila seseorang tidak mempunyai anak laki-laki karena ia akan
kehilangan
keturunan untuk seterusnya.
3.2 Kategori Kosmos
Kategori kosmos adalah benda kosmik yang memiliki jarak jauh dan
memiliki
ruang sebagai bagian dari cakrawala namun keberadaannya masih dapat
dicermati oleh indera manusia. Dalam bahasa Mandailing ditemukan
metafora
yang berkategori kosmos sebagai berikut.
(4)
Mora mataniari so gokgohon, dapdap na so dahapon.
`Kita tidak dapat menantang matahari dan pohon dapdap yang tidak
dapat dipeluk'
Mataniari `matahari' adalah benda angkasa yang mendatangkan terang
dan
panas pada bumi di siang hari. Setiap orang tidak dapat menantang
matahari
karena panasnya. Metafora ini dikiaskan kepada pihak mora yang tidak
boleh
ditantang atau dilawan karena apabila dilawan akan menimbulkan
bencana dan
pihak ini dianggap melupakan dirinya sendiri sebagai manusia.
Tuturan dari
pihak anak boru ini secara lokusi menginformasikan keadaan dan secara
ilokusi meminta dan sekaligus menegaskan bahwa mora tidak boleh
dilawan.
Metafora ini senada dengan metafora Dialo tondi, buruk pamatang
`Melawan diri sendiri badan jualah yang menanggung akibatnya'.
(5)
Harana ditatap langit dao, ditombom tano pir, piran do pe na so ada.
`Kita melihat langit sangat jauh, kalau dipijakkan ke tanah keras,
lebih
keras lagi yang tidak ada'
Pada metafora ini langit termasuk kategori cosmos. Untuk dapat
memahami
metafora ini kita harus melihat pada budaya Mandailing itu sendiri.
Sebelum
melaksanakan acara pernikahan, pihak anak boru menyampaikan maksudnya
kepada mora sehubungan dengan beban yang harus ditanggulanginya.
Karena
keterbatasan kemampuan baik moril maupun material anak boru
menggunakan
kata-kata yang yang mengandung makna merendahkan diri dengan maksud
agar mora memaklumi keberadaannya, sehingga apa yang diinginkan kedua
belah pihak tercapai. Tuturan anak boru ini secara lokusi memiliki
makna
menyatakan keadaan dan ilokusinya mengharapkan agar pihak mora
mengerti
akan kondisi anak boru dan tindak tutur perlokusinya adalah mora
dapat
memakluminya.
3.3 Kategori Energi
Kategori persepsi manusia yang langsung berada di bawah kosmos adalah
energi. Predikasi khusus yang dimiliki oleh kategori ini selain
menempati
ruang ia dapat juga bergerak. Contohnya dalam bahasa Mandailing
sebagai
berikut:
(6)
Di jolo muyu adong i son aek sitio-tio.
`Di hadapan kalian ada air sitio-tio'
Interpretasi makna pada metafora ini adalah bahwa air adalah sumber
kehidupan. Semua kegiatan manusia tidak terlepas dari air. Oleh
sebab itu,
jangan menyia-nyiakan air. Tuturan ini bermakna agar kedua mempelai
jangan
memikirkan diri sendiri tetapi juga harus memikirkan orang lain.
Tuturan ini
disampaikan oleh orangtua kepada kedua mempelai. Tindak tutur ini di
samping memberi informasi juga memiliki ilokusi agar kedua mempelai
melaksanakan nasihat tersebut.
3.4 Kategori Substansi
Kategori substansi memiliki ruang dan dapat dicerna oleh panca indera
manusia karena memang ada pada lingkungan hidup manusia. Contoh
metafora
jenis ini adalah:
(7)
... i son adong santan pamorgo-morgoi. Ibo roha nian mago ma na
milas....
` … di sini ada santan yang dapat mendinginkan, yang dapat
menghilangkan yang panas … '
Santan pamorgo-morgoi adalah santan yang dicampur dengan tepung dan
gula
disebut dengan itak, yang disediakan kepada tamu pada waktu acara
memasuki
rumah baru. Sebelum itak ini dimakan ada pihak yang memberikan kata
nasihat kepada pemilik rumah. Mendirikan sebuah rumah dalam MM
merupa-
kan suatu prestasi yang harus dicapai. Kayu yang akan digunakan untuk
membangun rumah itu dikumpul satu demi satu sehingga berlangsung
dalam
waktu yang relatif lama karena mereka memperoleh kayu tersebut dari
hutan.
Suatu ketika bila bahan kayu yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah
telah
mencukupi maka didirikanlah rumah tersebut.
Metafora ini dituturkan oleh mora kepada anak boru yang telah
berhasil mendirikan rumahnya dan dapat diinterpretasikan bahwa rumah
yang
akan ditempati ini hendaknya menjadi rumah yang aman dan tenteram
bagi
penghuninya dan rezeki yang datang akan berlimpah ruah. Dengan kata
lain,
rumah tersebut bertuah dan bertondi. Ilokusi dari tuturan ini selain
memberi
informasi sekaligus menyatakan bahwa rumah tersebut boleh dipakai
oleh para
tetangga untuk menampung tamu-tamu yang datang baik digunakan untuk
tempat makan, tidur dan shalat selama horja yang ada di kampung itu
dilaksanakan karena adat di Mandailing sifatnya kolektif. Orang yang
sudah
dapat mendirikan rumah dianggap sebagai orang yang sudah menerima
tuah.
a. Kategori Terrestrial `Terestrial'
Kategori terestrial yang berada di bawah substansi adalah objek yang
menyatu
dengan permukaan bumi karena objek tersebut lengket di atas permukaan
bumi. Contohnya dalam bahasa Mandailing adalah:
Ngada tola on jagar-jagar nami on mayup tu jae, angkon mayup tu julu
do.
`Anak gadis kami ini tidak boleh hanyut ke hilir, tetapi harus
hanyut ke
hulu'
Metafora pada contoh ini adalah mayup tu julu `hanyut ke hulu'. Julu
adalah hulu sungai merupakan bagian dari belahan bumi yang memiliki
makna
tidak langsug bila dikaitkan dengan konteks kalimat tersebut.
Metafora ini
memiliki makna orang yang berada, bangsawan dan tahu adat.
Interpretasinya
adalah bahwa pengantin laki-laki harus orang yang berada dan beradat
sehingga kondisi ekonomi kedua mempelai tidak diragukan lagi setelah
mereka
memasuki hidup baru. Tuturan ini disampaikan oleh pihak suhut kepada
pihak
mora pada waktu meminang. Ilokusinya adalah meminta kepada pihak mora
agar anak gadis mereka nantinya terpenuhi kebutuhannya. Contoh
metafora
lainnya adalah:
Tor marsitatapan, rura manjalahi pardomuan.
`Dua bukit yang tingginya sama, dua sungai mencari tempat bersatu'
Metafora pada contoh di atas ini dilambangkan dengan tor masitatapan
yang interpretasinya adalah bahwa dua keluarga yang akan bersatu
berasal dari
keluarga yang setara, sama-sama memiliki adat dan berasal dari
keturunan
yang baik-baik.
b. Kategori Object `Objek'
Kategori objek di dalam medan semantik ruang persepsi manusia adalah
sesuatu yang berkaitan dengan benda. Contohnya sebagai berikut:
Laklak i ginjang pintu singkoru i golam-golom, maranak sapulu pitu
marboru sapulu onom.
`Laklak di atas pintu dan manik-manik yang dirangkai-rangkai,
berputera
17 orang dan berputeri16'
Laklak adalah kulit kayu yang berupa pembungkus yang membuat
tanaman tersebut dapat tumbuh dan hidup. Bila kulit kayu dikupas,
maka
tanamannya akan layu dan mati. Dalam metafora ini laklak letaknya di
atas
pintu yang mempunyai makna sebagai pelindung keluarga. Posisi laklak
yang
berada di atas pintu sebagai jalan masuk ke rumah diinterpretasikan
dengan
pentingnya orangtua menanamkan prinsip melindungi dan bertanggung
jawab
bagi anak laki-laki meski dalam jumlah yang banyak.
Metafora Singkoru `manik-manik' merupakan biji-bijian yang diikat
dengan benang dan biasanya digunakan untuk hiasan. Dianalogikannya
singkoru dengan anak perempuan memberi makna bahwa anak perempuan
harus selalu kelihatan cantik dan metafora ini juga
diinterpretasikan agar
orangtua mampu mempersatukan keinginan anak perempuan yang beragam-
ragam agar memiliki kepribadian yang menyatu sebagaimana bersatunya
rangkaian manik-manik dalam jumlah yang banyak. Selain sifat-sifat
yang
telah disebutkan di atas, laklak dan singkoru juga memiliki sifat
yang mudah
terkelupas dan terputus. Dengan demikian metafora ini juga
mengingatkan
kedua mempelai yang bakal menjadi orangtua untuk tetap menjaga
keutuhan
agar dapat melindungi dan membimbing anak maupun borunya.
Metafora maranak sapulu pitu marboru sapulu onom menunjukkan
bahwa anak laki-laki itu lebih diutamakan daripada anak perempuan.
Satu
keluarga selalu mengharapkan anak pertamanya adalah anak laki-laki.
Adapun
anak yang berjumlah 33 orang dalam budaya Mandailing menggambarkan
peranan dalihan natolu yang menganggap anak saudara kita juga harus
dianggap sebagai anak kita sendiri, sehingga setiap orang harus
bertanggung
jawab kepada kemanakannya. Dengan demikian timbul falsafah amak do
rere,
anak do babere `tikar itu adalah tikar, anak saudara perempuan kita
adalah juga
anak kita'
Tuturan ini disampaikan oleh hatobangon dalam membekali kedua
mempelai agar menjadi orangtua yang mampu mendidik dan melindungi
anak-
anaknya di kemudian hari. Tindak tutur yang dsampaikan selain untuk
mengingatkan juga mengharapkan agar nasihat yang disampaikan
dilaksanakan
oleh kedua mempelai. Metafora lainnya adalah:
Ulos na so ra buruk, gobak-gobak i ngali ni ari, hundung-hundung ni
milas
ni ari.
`Selimut yang tidak pernah usang yang digunakan sebagai selimut di
hari
dingin dan pelindung di hari panas'
Konsep metafora ulos dianalogikan dengan adat. Dalam metafora ini
adat dianggap dapat mendatangkan kehangatan dan menimbulkan keakraban
kalau seseorang sedang berduka dan dapat dijadikan pelindung dalam
suasana
suka karena orang yang beradat akan merasa sempurna jasmani dan
rohaninya.
Adat yang dikiaskan dengan ulos diberikan oleh pihak mora kepada
anak boru dalam acara marbokkot bagas (memasuki rumah baru) karena
anak
borunya telah berhasil mendirikan rumah dan diharapkan rumah
tersebut akan
bertuah. Contoh lainnya adalah:
Titian batu na so ra buruk.
`Titi batu yang tidak pernah lapuk'
Metafora titian batu na so ra buruk ini disampaikan oleh anak boru
kepada suhut yang interpretasinya adalah bahwa kalau selama ini
hubungan
kekeluargaan antara kedua belah pihak belum begitu jelas, maka dengan
terlaksananya pernikahan ini menjadi jelaslah hubungan kekeluargaan
mereka
dan diharapkan hubungan tersebut akan langgeng selamanya. Dengan
demikian
tindak tutur dalam ujaran ini adalah mempertegas keinginan anak boru
dan
mengharapkan adanya kebersamaan.
c. Kategori Living `Kehidupan'
Kategori living adalah ruang persepsi manusia yang berkaitan dengan
kehidupan flora. Ungkapan metaforanya sebagai berikut:
Napuran nami na opat ganjil lima gonop.
`Sirih kami yang empat ganjil lima genap'
Metafora dengan lambang kias opat ganjil lima gonop maksudnya adalah
apabila seseorang makan sirih biasanya sirih tersebut harus dicampur
dengan
kapur, gambir dan pinang sehingga jumlahnya empat macam. Campuran
sirih
tersebut belum dikatakan sempurna apabila belum disertai dengan
tembakau
sebagai unsur yang ke lima.
Metafora di atas ini dapat diinterpretasikan apabila seseorang
melakukan suatu
pekerjaan haruslah dipikirkan matang-matang dan dipersiapkan segala
sesuatunya dengan bersungguh-sungguh sehingga menimbulkan hasil yang
maksimal. Apabila dikaitkan dengan konteks DNT, setiap acara adat di
Mandailing dapat dikatakan sah secara hukum adat apabila dihadiri
oleh
kelompok yang lima yaitu suhut, kahanggi, anak boru, mora dan
harajaon.
Contoh lainnya adalah:
I son tarida do i ibana ayu ara nagodang, batangna pade parsisandean,
torjangna parsigantungan, banirna parholipan, bulungna parsilaungan.
`Di sini terlihat ada pohon kayu yang besar, batangnya tempat
bersandar,
akarnya tempat bergantung, akar besarnya tempat bersemubunyi, dan
daunnya tempat berlindung'
Lambang kias pada metafora di atas adalah ayu ara na godang yang
dikiaskan kepada seorang raja yang kuat, yang punya hukum adat, punya
serdadu yang kuat (anak boru), punya istana, bersifat adil dan suka
membantu
orang yang susah. Tuturan ini disampaikan oleh pihak anak boru
kepada suhut.
Secara implisit tindak tutur dalam ujaran ini adalah meminta pihak
suhut agar
mau mewujudkan keinginan anak boru.
…dapdap na so dahapon.
`… pohon dapdap yang tidak bisa dipeluk'
Metafora pada contoh ini terdapat pada kata dapdap. Dapdap adalah
sejenis pohon yang batangnya berduri dan biasanya tumbuh di kebun-
kebun
yang digunakan untuk melindungi tanaman coklat. Pohon ini tidak bisa
dipeluk
karena akan melukai diri kita sendiri. Untuk memahami makna metafora
ini
harus dikaitkan dengan budaya Mandailing dalam konsep DNT yaitu pihak
anak boru harus menjaga hubungan baik dengan mora. Apabila timbul
salah
paham dapat menyebabkan terjadinya malapetaka. Dengan demikian anak
boru
harus berhati-hati dan penuh pertimbangan apabila bergaul dengan
mora.
… na mangido ma mada hami on lopok ni tobu suanon.
`… ami meminta stek tebu untuk bibit'
Metafora lopok ni tobu `stek tebu' beranalogi dengan punya keturunan.
Untuk memahami interpretasi metafora ini harus dikaitkan dengan
konteks
budaya Mandailing bahwa anak boru berharap agar anak gadis dari mora
yang
akan mereka pinang dan jadi isteri anak laki-laki mereka akan
memiliki
keturunan yang baik-baik.
d. Kategori Animate `Bernyawa'
Kategori animate adalah medan makna ruang persepsi manusia yang
berhubungan dengan dunia fauna. Contohnya sebagai berikut:
Habang ninna lanok i laut siborang binoto do dia jantan sanga boru-
boru.
`Ia tahu lalat yang terbang di seberang lautan mana yang jantan dan
mana
yang betina'
Metafora dengan lambang kias lanok i laut siborang berasosiasi
dengan kemampuan luar biasa yang dimiliki seseorang yang tidak
dimiliki oleh
orang yang biasa. Metafora ini dapat diinterpretasikan apabila
mengacu kepada
keseluruhan konteks kalimatnya yakni menggambarkan seorang raja dalam
sistem DNT harus memiliki kemampuan dan kebijaksanaan yang lebih dari
masyarakat biasa untuk kepentingan bersama. Metafora ini disampaikan
oleh
panusunan bulung (raja) kepada kedua mempelai dan ilokusinya kedua
mempelai menjadi orang yang bijaksana nantinya. Metafora lainnya
adalah:
… rap kita tandai, na margading do on marbulele I mandailing Godang.
`… sudah kita ketahui bahwa mereka yang datang sesuai dengan adat
istiadat yang berlaku di Mandailing'
Bulele dan gading biasanya dimiliki oleh seekor gajah. Metafora
Margading do
on marbulele bermakna bahwa pihak pengantin laki-laki yang datang
adalah
orang yang mempunyai kampung (bonabulu), memiliki keturunan (raja),
adat
istiadat dan kaya. Metafora ini juga memuat pesan bagi orang
Mandailing agar
berusaha lebih keras mencari nafkah dan tidak menjadi orang yang
miskin.
Tuturan ini disampaikan oleh pihak anak boru kepada suhut dan
ilokusinya
adalah meminta agar pihak suhut mau menerima pihak anak boru dengan
baik.
Songon langkitang di batang aek, bope inda marsitandaan tai
marsihaholongan, muda ro musu marsijagoan.
`Seperti siput di dalam air, walaupun tidak saling kenal tetapi
mereka saling
menghargai, kalau musuh datang mereka saling menjaga'
Langkitang adalah sejenis siput yang memiliki sifat kompak walaupun
tidak saling kenal. Metafora ini bermakna agar kedua mempelai selalu
memiliki kebersamaan dan suka tolong menolong untuk tujuan yang baik.
Metafora ini disampaikan oleh raja kepada kedua mempelai. Tindak
tuturnya
berupa nasihat sekaligus mengharapkan agar kedua mempelai
melaksanakan.
Biasanya metafora ini selalu dikaitkan dengan metafora lain seperti:
Ulang iba songon gunting bola-bola, tai jadi ma antong iba songon
jait
domu-domu.
`Jangan kita seperti gunting yang selalu memotong, tetapi jadilah
seperti
jarum yang selalu menyatukan dua benda'
¨ … i jolo muyu sada pangupa anak ni manuk pangupa ni tondi dohot
badan
….
` … di depan kamu upah-upah berupa ayam sebagai pembangkit semangat
di dalam badan ….'
Metafora pada pangupa ini dilambangkan dengan manuk `ayam'
karena sifat ayam sangat bagus di dalam merawat anak-anaknya. Kalau
ia
mengais-ngais dan mendapatkan makanan makanan itu pertama-tama akan
diberikan kepada anak-anaknya. Dalam budaya Mandailing metafora ini
bermakna anak perempuan harus tinggal di rumah karena anak perempuan
dapat merawat keluarga dengan baik. Metafora ini senada dengan
metafora
berikut ini:
Parsonduk ni raja haposan.
`Isteri raja haposan'
Makna tersirat dari metafora ini adalah seorang isteri harus berada
di rumah'
e. Kategori Human `Manusia'
Yang termasuk kategori human dalam kategori ruang persepsi adalah
keberadaan manusia itu sendiri dengan segala bentuk perilakunya untuk
memenuhi kebutuhannya termasuk kemampuannya untuk bernalar. Contohnya
dalam bahasa Mandailing sebagai berikut:
Angkon adong on na manapor-napor on.
`Harus ada yang memecah-mecahkan'
Metafora dengan lambang kias na manapor-napor bermakna pengantin
hendaknya mendapat keturunan secepatnya. Situasi tutur adalah pada
waktu
pemberangkatan pengantin dari pihak perempuan ke pihak pngantin laki-
laki
dan anak boru dalam tuturannya mengharap agar kedua pengantin cepat
memperoleh keturunan.Metafora berikut ini memiliki interpretasi yang
sama
dengan metafora sebelumnya (no.23)
Muda dung pade pangalaho dapot hami on nian manggolom-golom tangan si
amun, dohot manogu-nogu tangan siambirang.
`Keinginan kami sudah tiba saatnya tangan kanan mampu tangan kiri
menatah'
PENUTUP
Berdasarkan uraian tentang metafora dalam tuturan upacara mangupa
dengan
menggunakan medan makna ruang persepsi manusia model Haley, ditemukan
20 metafora yang maknanya tidak dapat dijangkau secara langsung
melainkan
harus melalui konteks. Pengetahuan MM tentang medan makna ruang
persepsi
manusia model Haley ini sangat signifikan dalam arti memenuhi semua
kategori.
Kategori ruang persepsi animate merupakan kategori yang paling
banyak ditemukan (20%). Hal ini menunjukkan bahwa MM harus selalu
tolong
menolong untuk tujuan yang baik dan anak perempuan harus tinggal di
rumah.
Berikutnya kategori being (15%) yang menunjukkan bahwa adanya
keingintahuan yang sangat besar bagi MM tentang hal-hal yang abstrak.
Kategori objek (15%) yang menunjukkan bahwa MM harus bertanggung
jawab
tidak hanya kepada keluarga inti tetapi juga kepada keluarga yang
lebih luas
(extended family). Kemudian kategori cosmos, terrestrial, living dan
human
masing-masing (10%). Kategori cosmos menunjukkan keyakinan bahwa di
dalam hidup ini ada pihak yang tidak boleh dilawan dan harus
dipatuhi.
Selanjutnya kategori terrestrial menunjukkan bahwa MM harus beradat
dan
hidup sesuai dengan adat yang berlaku. Kategori living menunjukkan
bahwa
MM selalu bermusyawarah untuk memutuskan sesuatu baik mengenai hal-
hal
yang konkret maupun yang abstrak. Kemudian kategori human menunjukkan
bahwa seseorang harus bekerja keras dan harus memiliki anak laki-
laki sebagai
pembawa garis keturunan. Adapun kategori yang paling sedikit
ditemukan
adalah kategori energy dan substance masing-masing
(5%). Kategori
substance dan energy mengimplikasikan bahwa MM harus bekerja keras
dan
tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi juga harus memikirkan
orang lain.
Ditemukannya kategori-kategori di atas menunjukkan kedekatan atau
interaksi
MM dengan unsur-unsur makna mengenai lingkungan yang ada di
sekitarnya.
DAFTAR PUSTAKA
Brown, Gillian and Yule, George. 1986. Discourse Analysis. London:
Cambridge University Press.
Harahap, Basyral Hamidi. 1991. Horja. Jakarta: Parsadaan Marga
Harahap
Dohot Anak Boruna.
Hasibuan L.P. 1989. Pangupa: Buku Nenek Moyang Masyarakat Tapanuli
Selatan. Medan.
Lakoff, George and Johnson, Mark. 1980. Metaphors We Live By.
Chicago:
Chicago University Press.
Leech, D.N. 1993. Principles of Pragmatics. New York: Longman.
Nasution, Pandapotan. 1994. Uraian Singkat Tentang Adat Mandailing
Serta
Tatacara Perkawinannya. Jakarta: Widya Press.
Purba, Parlindungan. 2002. "Ruang Persepsi Metafora Pada Umpasa
Masyarakat Batak Toba: Suatu Kajian Pragmatik". Tesis. Medan:
Sekolah Pascasarjana USU.
Ricoeur, Paul. Filsafat Wacana: Membelah Makna dalam Anatomi Bahasa.
Terjemahan
Saeed, John. 2000. Semantics. Oxford: Blackwell.
Sibarani, Robert. 2003. Semantik Bahasa Batak Toba. Jakarta: Pusat
Bahasa
Depdiknas.
Silalahi, Roswita. 2005. "Metafora Dalam Bahasa Batak Toba". Dalam
Logat,
Jurnal Ilmu-Ilmu Bahasa an Sastra. Vol.1, No.2. Medan: Fakultas
Sastra USU.
Siregar, Bahren Umar. 2002. "Pemerolehan Tindak Tutur dan Siasat
Kesantunan: Suatu Ancangan teoritis". Studi Kultura, Tahun ke 1, 2.
Linguistik Indonesia, Tahun ke 26, No. 1, Februari 2008
87
__________. 2004. "Semantik-Pragmatik Metonimi dan Metafora". Dalam
Katharina E.Sukamto (peny.). Menabur Benih Menuai Kasih. Jakarta:
Obor.
__________. 2005. "Jeruk Kok Minum Jeruk: Gejala Metaforisasi dan
Metonimisasi dalam Bahasa Indonesia". Linguistik Indonesia. Tahun
ke 23, 2.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Wahab, Abdul. 1995. Isu Linguistik: Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Surabaya: Airlangga University Press.
Khaerunissa
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Jl. Setiabudi 229
Bandung 40154
dari milis : sa-roha@yahoogroups.com
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Abstract
This paper discusses metaphors in the Mandailing language based on the classification of semantic human perception (Haley's model) and pragmatic approaches found in traditional ceremony Mangupa. The Mandailing Society's (MS) knowledge on semantic human perception is very significant.
The category mostly found for animates shows that the members of the MS help one another for good purposes. The being category indicates the MS's curiosity on abstract things, the object category means that the MS must be responsible to the necleus family and to the extended one, cosmos, terrestrial, the living and human category shows that there are some sides that may not be opposed in life. The
last category, energy and substance, mean that the members of the MS must not only think of themselves but also the others.
Keywords:
metaphors, pragmatic approaches, the Mandailing Soceity, semantic human perception
PENDAHULUAN
Setiap suku mempunyai adat istiadat tersendiri yang berbeda satu dengan lain-nya. Walaupun berbeda namun adat istiadat tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu mendidik masyarakatnya berbudi luhur, bersopan santun, kasih sayang dan berbuat baik terhadap sesama anggota masyarakatnya.
Masyarakat Mandailing (MM) adalah salah satu sub etnik Batak yang ada di Sumatera Utara. MM memiliki marga-marga yang menunjukkan keturunannya menurut garis ayah (patrilinial) . MM mempunyai bahasa Mandailing sebagai lambang identitas dan manifestasi eksistensi.
Eksistensi yang dimaksud adalah sebagai makhluk yang bermasyarakat atau makhluk
sosial dimana kemasyarakatan itu sendiri terbentuk dengan adanya bahasa. Falsafah
hidup MM selalu ditemukan dalam perumpamaan yang didapati dalam upacara adat.
Perumpamaan- perumpamaan itu tidak hanya mengemukakan peran, hukum maupun keinginan tetapi juga melambangkan ekspresi pikiran dalam mencari tahu arti hidup dan kehidupan manusia. Dengan kata lain, perumpamaan merupakan ungkapan kebahasaan yang menuntun manusia pada pemahaman realitas kehidupan melalui pelambangan atau kiasan. Salah
satu bentuk dari perumpamaan- perumpamaan itu adalah metafora. Dengan demikian makna yang terkandung dalam metafora dapat ditelusuri melalui pemahaman terhadap apa sesuatu itu dibandingkan atau dianalogikan. Metafora tersebut biasanya terdapat pada upacara adat perkawinan, upacara kematian, syukuran karena baru melahirkan dan
memasuki rumah baru. Namun pada tulisan ini pembahasan metafora dalam upacara adat dibatasi pada upacara adat perkawinan dan memasuki rumah baru yang disebut dengan upacara mangupa.
Mangupa adalah upacara adat dalam kehidupan masyarakat Mandailing yang lahir dari penghayatan leluhur masyarakat Mandailing terhadap keberadaan zat yang gaib, yang berkuasa, yang mengatur alam semesta termasuk perjalanan hidup manusia. Agar keselamatan dan kesuksesan manusia tercapai, di dalam adat Mandailing selalu dilaksanakan upacara mangupa. (Harahap 1991).
Dalam struktur hukum adat Mandailing dikenal sistem kekerabatan
yang disebut dengan Dalihan Na Tolu (DNT). Secara etimolgis DNT
berarti
`tungku yang tiga'. Tungku artinya `tempat untuk menjerangkan periuk
ke atas
api pada waktu memasak'. Ketiga tungku ini berukuran sama dan harus
disusun dalam keadaan seimbang sehingga kecil kemungkinan periuknya
untuk
jatuh. Adanya ketiga tungku yang sama menunjukkan bahwa MM mempunyai
persamaan derajat, yang berbeda adalah tugas dan fungsi mereka di
dalam adat.
Yang dimaksud dengan ketiga tungku itu adalah kahanggi, anak boru dan
mora. Kahanggi adalah barisan orang yang semarga atau sepewarisan,
anak
boru adalah orang yang bermarga lain dari kita yang merupakan
kelompok
yang menikahi anak gadis kita (boru kita) atau anak boru ialah semua
famili
pihak suami saudara kita perempuan. Mora adalah kelompok orang-orang
tempat kita mengambil boru atau isteri, atau semua famili pihak
saudara ibu
ataupun keluarga menantu kita perempuan.
Tulisan ini memuat tentang metafora yang terdapat pada upacara adat
mangupa masyarakat Mandailing yang merupakan persepsi masyarakat pe-
nuturnya dengan pendekatan pragmatik. Hal ini dilakukan karena
pemahaman
tentang metafora sebagai ungkapan kebahasaan yang memiliki lambang
kias
harus dipahami melalui konteks. Selanjutnya metafora diklasifikasi
menurut
medan semantik ruang persepsi model Michael C. Haley. Haley (dalam
Wahab
1995) mengatakan bahwa lambang dari metafora dapat di-golongkan
berdasarkan klasifikasi medan semantik ruang persepsi manusia
menjadi being,
cosmos, energy, substance, terrestrial, object, living, animate dan
human.
Metafora yang ditampilkan dalam tulisan ini merupakan salah satu
pelestarian nilai budaya yang berakar pada khazanah linguistik lokal
yang
terungkap dalam kehidupan sehari-hari di Mandailing. Pembinaan dan
pe-
ngembangan bahasa daerah ini sangat penting karena dianggap sebagai
pemerkaya kebudayaan nasional dan nilai-nilai kebudayaan tradisional.
Kebudayaan tradisional hanya dapat dimengerti melalui ungkapan bahasa
daerah masyarakatnya (Sibarani 2003).
Metafora telah banyak diteliti dalam kaitannya dengan berbagai
disiplin ilmu, misalnya hubungan metafora dengan teori linguistik
(Jerrold M.
Seddock, David Rummelhart, dalam Andrew Ortony 1979; Wahab 1995;
Silalahi 2005; Siregar 2004; Hasibuan 2005; dan Purba 2000);;
hubungan
metafora dengan psikologi (Allan Paivio, Bruce Fraser, Andrew Ortony
dan
G.A. Miller juga dalam Andrew Ortony 1979); hubungan metafora dengan
sosiologi (Donald P.Schon, Michael J.Reddy, Robert J.Stenberg dalam
buku
yang sama); dan hubungan metafora dengan pendidikan (dalam buku yang
sama, dibahas oleh Hugh G. Petrie dan Thomas G. Sticht).
1. METAFORA
Bagi sebagian orang penggunaan metafora dalam interaksi dan
komunikasi
sehari-hari boleh jadi hanya merupakan bagian dari gaya berbahasa
sehingga
fungsinya hanya sebagai variasi retoris. Pembicara akan menggunakan
suatu
ekspresi figuratif ketika dirasakannya tidak ada bahasa literal yang
mampu
menghasilkan efek yang sama atau tidak ada bahasa literal yang
sepadan
dengan bahasa figuratif untuk menyampaikan makna yang diinginkannya
sehingga memperoleh respon yang sama.
Dalam retorika tradisional, metafora digolongkan sebagai sebuah
kiasan, yakni sebagai sebuah gambaran yang mengklasifikasikan adanya
variasi makna dalam penggunaan kata dan lebih tepatnya dalam proses
denominasi. Sebuah metafora dijelaskan sebagai pengaplikasian
sesuatu dari
sebuah nama yang menjadi milik sesuatu yang lain dan secara
proporsional
dengan cara perbandingan yang ditandai secara eksplisit oleh suatu
tema
komparatif, misalnya "seperti….", dengan kata lain perbandingan
merupakan
sebuah bentuk perluasan metafora. Secara sederhana dapat dikatakan
metafora
adalah komparasi yang menjembatani (Ricoeur 2002).
Beardsley (dalam Ricoeur 2002) mengatakan metafora adalah sebuah
puisi miniatur. Dengan begitu hubungan antara makna literal dan makna
figuratif dalam sebuah metafora adalah seperti versi penjembatan
dalam
kalimat tunggal dari harmonisasi signifikansi kompleks yang memberi
karakter
unik pada karya literer sebagai sebuah keutuhan. Karya literer yang
dimaksudkan di sini adalah karya wacana yang berbeda dengan karya
wacana
lain, khususnya wacana sains yang membawa makna eksplisit dan
implisit ke
alam suatu hubungan. Dalam kaitannya dengan metafora ini, Lakoff dan
Johnson (1980) berpendapat:
"Our conventional ways of talking about arguments presuppose
a metaphor we are hardly ever conscious of. The metaphor is not
merely in the world we use … it is in our very concept of an
argument. On the contrary, human thought processes are largely
metaphorical. This is what we mean when we say that the human
conceptual system is metaphorically structured and define".
Pendapat tentang Lakoff ini mengisyarakatkan bahwa metafora bukan
semata-
semata dalam kata-kata yang kita gunakan tetapi lebih dari itu ia
merupakan
fakta bahwa proses berpikir manusia dan sistem pemahamannya sebagian
adalah metaforis.
Adapun Wahab (1995) mengatakan bahwa metafora terletak pada
perannya yang penting dalam menentukan hubungan antara bahasa
pengetahu-
an manusia dengan dunia yang diinginkannya. Ia menambahkan bahwa
metafora sebagai ungkapan kebahasaan yang maknanya tidak dapat
dijangkau
secara langsung dari lambang karena makna yang dimaksud terdapat pada
prediksi ungkapan kebahasaan itu. Dengan kata lain, metafora adalah
pe-
mahaman dari pengalaman akan sejenis hal yang dimaksudkan untuk
perihal
yang lain. Senada dengan hal ini, Taylor (dalam Siregar 2004)
menyatakan
metafora tidak dipahami sebagai pelanggaran penutur terhadap kaidah
kompe-
tensi bahasa. Sebaliknya paradigma kognitif melihat metafora sebagai
alat untuk mengkonseptualisasi kan ranah-ranah pengalaman abstrak dan
tidak ter-
bawa ke dalam ranah yang konkret dan akrab.
2. PRAGMATIK
Pragmatik adalah cabang ilmu bahasa yang mempelajari struktur bahasa
secara
eksternal, yakni bagaimana satuan kebahasaan itu digunakan dalam
komu-
nikasi. Menurut Leech (1993), pragmatik adalah studi mengenai makna
ujaran
dalam situasi tertentu. Sementara Levinson (dalam Siregar 2002) men-
definisikan pragmatik sebagai telaah mengenai relasi antar bahasa
dan konteks
yang merupakan dasar bagi suatu catatan atau laporan pemahaman
bahasa.
Dengan demikian ia merupakan telaah mengenai kemampuan pemakai bahasa
dalam menghubungkan serta menyerasikan kalimat-kalimat dan konteks
secara
tepat. Pragmatik dan tindak tutur memandang konteks sebagai
pengetahuan
bersama antara pembicara dan pendengar dan pengetahuan tersebut
mengarah
pada interpretasi suatu tuturan. Pengetahuan atau konteks tertentu
dapat
mengakibatkan manusia mengidentifikasi jenis-jenis tindak tutur yang
berbeda.
Berbicara tentang pragmatik di dalam mangupa berarti berbicara
tentang penggunaan perangkat tindak tutur dalam tuturan. Kehadiran
perangkat
tindak tutur ini ada yang wajib dan ada pula yang bersifat opsional
bergantung
kepada kepentingannya. Searle (dalam Wijana 1969) mengatakan bahwa
secara
pragmatis setidak-tidaknya ada tiga jenis tindakan yang dapat
diwujudkan oleh
seorang penutur, yaitu tindak lokusi, tindak ilokusi dan tindak
perlokusi.Tindak
lokusi adalah tindak tutur yang digunakan untuk menyatakan sesuatu,
tindak
ilokusi adalah tindak yang digunakan selain untuk menyatakan sesuatu
juga
digunakan untuk melakukan sesuatu sedangkan tindak perlokusi adalah
tindak
tutur yang pengutaraannya dimaksudkan untuk mempengaruhi lawan tutur.
Berkaitan dengan hal ini untuk memahami metafora dalam upacara
mangupa harus terikat dengan konteks. Misalnya dalam masyarakat
Mandailing ditemukan ungkapan metaforis ulos na so ra buruk yang
bermakna
adat yang tidak akan pernah punah. Adat itu dilambangkan kepada ulos
yang
tidak akan rusak sampai kapanpun.
3. KATEGORI RUANG PERSEPSI
3.1 Kategori Keadaan
Menurut hierarki medan semantik ruang persepsi manusia yang paling
jauh
adalah keadaan (being). Keadaan dikatakan jauh karena ia memiliki
konsep
dari pengalaman manusia yang abstrak. Konsep abstrak itu meskipun
ada tetapi
tidak dapat dihayati langsung oleh panca indera manusia. Dalam
bahasa Man-
dailing ditemukan metafora yang berkategori keadaan sebagai berikut.
(1)
Mudah-mudahan nian, talak tangan muyu manarimona songoni muse
dohot marbontar niate-ate……….
`Mudah-mudahan kalian ringan tangan dan memiliki keikhlasan hati
menerimanya' .
Konsep metafora marbontar niate-ate `memiliki keikhlasan hati' tidak
dapat
dilihat bentuknya oleh indera manusia tetapi secara konvensional
dapat
dipahami maknanya. Ia merupakan lambang kias yang harus
diinterpretasikan maknanya. Apabila dikaitkan dengan konteks
kalimatnya metafora tersebut
diucapkan oleh pihak anak boru kepada pihak mora pada waktu meminang.
Dalam tuturan ini anak boru meminta kepada mora agar menerima
mereka dengan senang hati dan rela. Dengan kata lain, tindak ilokusi
yang
terjadi adalah memberi kesan atau pengaruh agar mora sebagai lawan
tutur
mau mendengarkan sekaligus menerima anak boru dengan hati yang
ikhlas.
Dari metafora ini diketahui bahwa keikhlasan itu `ada' meskipun
tidak dapat
dilihat dengan panca indera manusia.
(2)
Horas tondi madingin pir tondi matogu.
`Selamat, semoga semangatnya sejuk dan keras semangat'
Konsep metafora tondi bersifat abstrak. Ia merupakan lambang kias
yang
maknanya hanya dapat diinterpretasikan dalam konteks kalimat. Manusia
dalam pandangan MM terdiri dari tiga bagian yaitu badan, jiwa (roh)
dan tondi.
Badan adalah jasad yang kasar dan nyata, jiwa atau roh adalah benda
abstrak
yang menggerakkan badan kasar dan tondi adalah benda abstrak yang
mengisi
dan menuntun badan kasar dan jiwa dengan tuah sehingga seseorang
kelihatan
berwibawa dan bermarwah. Tondi adalah kekuatan, tenaga, semangat jiwa
yang memelihara ketegaran rohani dan jasmani agar tetap seimbang dan
kukuh
dan menjaga harmoni kehidupan setiap individu. Tondi merupkan zat
yang
berdiri sendiri. Dalam keadaan tidak sadar tondi seseorang berada di
luar badan
dan jiwanya (Harahap 1991).
Dalam budaya Mandailing metafora ini bermakna seseorang akan
sanggup menghadapi setiap ancaman yang datang. Untuk itu seseorang
harus
kuat. Orang yang tidak mempunyai tondi mukanya agak pucat dan tidak
bergairah. Walaupun kadar tondi berbeda untuk setiap orang, tetapi
setiap
orang memiliki tondi tersebut. Tondi itu dapat berpisah dari badan
seseorang
karena sesuatu hal, misalnya apabila seseorang mendapat kesusahan.
Namun,
tondi yang telah hilang dari badan dapat dipanggil kembali melalui
acara adat
yang disebut mangupa. Apabila kita cermati, situasi tuturan terjadi
pada saat
pengetua adat atau raja memberi nasihat kepada kedua mempelai dan
ilokusinya adalah agar keduanya dapat melaksanakan nasihat tersebut
nantinya.
(3)
… anso ulang on manjadi ngot-ngot i bagasan ipon sangatungkol i
bagasan ngadol
`… supaya jangan lagi terasa sakit di dalam gigi atau rasa sakit di
dalam geraham'
Konsep metafora ngot-ngot i bagasan ipon sangatungkol i bagasan
ngadol,
walaupun tidak dapat dilihat oleh indera, dapat dipahami apabila
diinterpretasikan maknanya. Metafora ini bermakna cita-cita yang
telah ber-
hasil dilaksanakan oleh anak boru yang telah lama tertanam di dalam
hatinya
dan sekarang tidak lagi menjadi pikirannya.
Apabila dikaitkan dengan konsep dalihan natolu metafora ini di-
sampaikan oleh suhut dan anak boru kepada hatobangon pada waktu
diadakan
musyawarah sebelum acara perkawinan karena cita-citanya akan
menunjukkan
kasih sayangnya kepada anak laki-lakinya dengan membuat acara adat
yang
besar (marhorja) telah dapat dilaksanakan. Dalam budaya ini ketika
seorang
anak laki-laki lahir kedua orangtuanya merasa bangga dan bercita-
cita akan
membuat adat yang besar apabila anaknya nanti berumah tangga.
Metafora ini
juga bermakna pentingnya anak laki-laki karena ia akan meneruskan
garis keturunan dari ayahnya (patrilinial) . Dampak psikologisnya
sangat berat
apabila seseorang tidak mempunyai anak laki-laki karena ia akan
kehilangan
keturunan untuk seterusnya.
3.2 Kategori Kosmos
Kategori kosmos adalah benda kosmik yang memiliki jarak jauh dan
memiliki
ruang sebagai bagian dari cakrawala namun keberadaannya masih dapat
dicermati oleh indera manusia. Dalam bahasa Mandailing ditemukan
metafora
yang berkategori kosmos sebagai berikut.
(4)
Mora mataniari so gokgohon, dapdap na so dahapon.
`Kita tidak dapat menantang matahari dan pohon dapdap yang tidak
dapat dipeluk'
Mataniari `matahari' adalah benda angkasa yang mendatangkan terang
dan
panas pada bumi di siang hari. Setiap orang tidak dapat menantang
matahari
karena panasnya. Metafora ini dikiaskan kepada pihak mora yang tidak
boleh
ditantang atau dilawan karena apabila dilawan akan menimbulkan
bencana dan
pihak ini dianggap melupakan dirinya sendiri sebagai manusia.
Tuturan dari
pihak anak boru ini secara lokusi menginformasikan keadaan dan secara
ilokusi meminta dan sekaligus menegaskan bahwa mora tidak boleh
dilawan.
Metafora ini senada dengan metafora Dialo tondi, buruk pamatang
`Melawan diri sendiri badan jualah yang menanggung akibatnya'.
(5)
Harana ditatap langit dao, ditombom tano pir, piran do pe na so ada.
`Kita melihat langit sangat jauh, kalau dipijakkan ke tanah keras,
lebih
keras lagi yang tidak ada'
Pada metafora ini langit termasuk kategori cosmos. Untuk dapat
memahami
metafora ini kita harus melihat pada budaya Mandailing itu sendiri.
Sebelum
melaksanakan acara pernikahan, pihak anak boru menyampaikan maksudnya
kepada mora sehubungan dengan beban yang harus ditanggulanginya.
Karena
keterbatasan kemampuan baik moril maupun material anak boru
menggunakan
kata-kata yang yang mengandung makna merendahkan diri dengan maksud
agar mora memaklumi keberadaannya, sehingga apa yang diinginkan kedua
belah pihak tercapai. Tuturan anak boru ini secara lokusi memiliki
makna
menyatakan keadaan dan ilokusinya mengharapkan agar pihak mora
mengerti
akan kondisi anak boru dan tindak tutur perlokusinya adalah mora
dapat
memakluminya.
3.3 Kategori Energi
Kategori persepsi manusia yang langsung berada di bawah kosmos adalah
energi. Predikasi khusus yang dimiliki oleh kategori ini selain
menempati
ruang ia dapat juga bergerak. Contohnya dalam bahasa Mandailing
sebagai
berikut:
(6)
Di jolo muyu adong i son aek sitio-tio.
`Di hadapan kalian ada air sitio-tio'
Interpretasi makna pada metafora ini adalah bahwa air adalah sumber
kehidupan. Semua kegiatan manusia tidak terlepas dari air. Oleh
sebab itu,
jangan menyia-nyiakan air. Tuturan ini bermakna agar kedua mempelai
jangan
memikirkan diri sendiri tetapi juga harus memikirkan orang lain.
Tuturan ini
disampaikan oleh orangtua kepada kedua mempelai. Tindak tutur ini di
samping memberi informasi juga memiliki ilokusi agar kedua mempelai
melaksanakan nasihat tersebut.
3.4 Kategori Substansi
Kategori substansi memiliki ruang dan dapat dicerna oleh panca indera
manusia karena memang ada pada lingkungan hidup manusia. Contoh
metafora
jenis ini adalah:
(7)
... i son adong santan pamorgo-morgoi. Ibo roha nian mago ma na
milas....
` … di sini ada santan yang dapat mendinginkan, yang dapat
menghilangkan yang panas … '
Santan pamorgo-morgoi adalah santan yang dicampur dengan tepung dan
gula
disebut dengan itak, yang disediakan kepada tamu pada waktu acara
memasuki
rumah baru. Sebelum itak ini dimakan ada pihak yang memberikan kata
nasihat kepada pemilik rumah. Mendirikan sebuah rumah dalam MM
merupa-
kan suatu prestasi yang harus dicapai. Kayu yang akan digunakan untuk
membangun rumah itu dikumpul satu demi satu sehingga berlangsung
dalam
waktu yang relatif lama karena mereka memperoleh kayu tersebut dari
hutan.
Suatu ketika bila bahan kayu yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah
telah
mencukupi maka didirikanlah rumah tersebut.
Metafora ini dituturkan oleh mora kepada anak boru yang telah
berhasil mendirikan rumahnya dan dapat diinterpretasikan bahwa rumah
yang
akan ditempati ini hendaknya menjadi rumah yang aman dan tenteram
bagi
penghuninya dan rezeki yang datang akan berlimpah ruah. Dengan kata
lain,
rumah tersebut bertuah dan bertondi. Ilokusi dari tuturan ini selain
memberi
informasi sekaligus menyatakan bahwa rumah tersebut boleh dipakai
oleh para
tetangga untuk menampung tamu-tamu yang datang baik digunakan untuk
tempat makan, tidur dan shalat selama horja yang ada di kampung itu
dilaksanakan karena adat di Mandailing sifatnya kolektif. Orang yang
sudah
dapat mendirikan rumah dianggap sebagai orang yang sudah menerima
tuah.
a. Kategori Terrestrial `Terestrial'
Kategori terestrial yang berada di bawah substansi adalah objek yang
menyatu
dengan permukaan bumi karena objek tersebut lengket di atas permukaan
bumi. Contohnya dalam bahasa Mandailing adalah:
Ngada tola on jagar-jagar nami on mayup tu jae, angkon mayup tu julu
do.
`Anak gadis kami ini tidak boleh hanyut ke hilir, tetapi harus
hanyut ke
hulu'
Metafora pada contoh ini adalah mayup tu julu `hanyut ke hulu'. Julu
adalah hulu sungai merupakan bagian dari belahan bumi yang memiliki
makna
tidak langsug bila dikaitkan dengan konteks kalimat tersebut.
Metafora ini
memiliki makna orang yang berada, bangsawan dan tahu adat.
Interpretasinya
adalah bahwa pengantin laki-laki harus orang yang berada dan beradat
sehingga kondisi ekonomi kedua mempelai tidak diragukan lagi setelah
mereka
memasuki hidup baru. Tuturan ini disampaikan oleh pihak suhut kepada
pihak
mora pada waktu meminang. Ilokusinya adalah meminta kepada pihak mora
agar anak gadis mereka nantinya terpenuhi kebutuhannya. Contoh
metafora
lainnya adalah:
Tor marsitatapan, rura manjalahi pardomuan.
`Dua bukit yang tingginya sama, dua sungai mencari tempat bersatu'
Metafora pada contoh di atas ini dilambangkan dengan tor masitatapan
yang interpretasinya adalah bahwa dua keluarga yang akan bersatu
berasal dari
keluarga yang setara, sama-sama memiliki adat dan berasal dari
keturunan
yang baik-baik.
b. Kategori Object `Objek'
Kategori objek di dalam medan semantik ruang persepsi manusia adalah
sesuatu yang berkaitan dengan benda. Contohnya sebagai berikut:
Laklak i ginjang pintu singkoru i golam-golom, maranak sapulu pitu
marboru sapulu onom.
`Laklak di atas pintu dan manik-manik yang dirangkai-rangkai,
berputera
17 orang dan berputeri16'
Laklak adalah kulit kayu yang berupa pembungkus yang membuat
tanaman tersebut dapat tumbuh dan hidup. Bila kulit kayu dikupas,
maka
tanamannya akan layu dan mati. Dalam metafora ini laklak letaknya di
atas
pintu yang mempunyai makna sebagai pelindung keluarga. Posisi laklak
yang
berada di atas pintu sebagai jalan masuk ke rumah diinterpretasikan
dengan
pentingnya orangtua menanamkan prinsip melindungi dan bertanggung
jawab
bagi anak laki-laki meski dalam jumlah yang banyak.
Metafora Singkoru `manik-manik' merupakan biji-bijian yang diikat
dengan benang dan biasanya digunakan untuk hiasan. Dianalogikannya
singkoru dengan anak perempuan memberi makna bahwa anak perempuan
harus selalu kelihatan cantik dan metafora ini juga
diinterpretasikan agar
orangtua mampu mempersatukan keinginan anak perempuan yang beragam-
ragam agar memiliki kepribadian yang menyatu sebagaimana bersatunya
rangkaian manik-manik dalam jumlah yang banyak. Selain sifat-sifat
yang
telah disebutkan di atas, laklak dan singkoru juga memiliki sifat
yang mudah
terkelupas dan terputus. Dengan demikian metafora ini juga
mengingatkan
kedua mempelai yang bakal menjadi orangtua untuk tetap menjaga
keutuhan
agar dapat melindungi dan membimbing anak maupun borunya.
Metafora maranak sapulu pitu marboru sapulu onom menunjukkan
bahwa anak laki-laki itu lebih diutamakan daripada anak perempuan.
Satu
keluarga selalu mengharapkan anak pertamanya adalah anak laki-laki.
Adapun
anak yang berjumlah 33 orang dalam budaya Mandailing menggambarkan
peranan dalihan natolu yang menganggap anak saudara kita juga harus
dianggap sebagai anak kita sendiri, sehingga setiap orang harus
bertanggung
jawab kepada kemanakannya. Dengan demikian timbul falsafah amak do
rere,
anak do babere `tikar itu adalah tikar, anak saudara perempuan kita
adalah juga
anak kita'
Tuturan ini disampaikan oleh hatobangon dalam membekali kedua
mempelai agar menjadi orangtua yang mampu mendidik dan melindungi
anak-
anaknya di kemudian hari. Tindak tutur yang dsampaikan selain untuk
mengingatkan juga mengharapkan agar nasihat yang disampaikan
dilaksanakan
oleh kedua mempelai. Metafora lainnya adalah:
Ulos na so ra buruk, gobak-gobak i ngali ni ari, hundung-hundung ni
milas
ni ari.
`Selimut yang tidak pernah usang yang digunakan sebagai selimut di
hari
dingin dan pelindung di hari panas'
Konsep metafora ulos dianalogikan dengan adat. Dalam metafora ini
adat dianggap dapat mendatangkan kehangatan dan menimbulkan keakraban
kalau seseorang sedang berduka dan dapat dijadikan pelindung dalam
suasana
suka karena orang yang beradat akan merasa sempurna jasmani dan
rohaninya.
Adat yang dikiaskan dengan ulos diberikan oleh pihak mora kepada
anak boru dalam acara marbokkot bagas (memasuki rumah baru) karena
anak
borunya telah berhasil mendirikan rumah dan diharapkan rumah
tersebut akan
bertuah. Contoh lainnya adalah:
Titian batu na so ra buruk.
`Titi batu yang tidak pernah lapuk'
Metafora titian batu na so ra buruk ini disampaikan oleh anak boru
kepada suhut yang interpretasinya adalah bahwa kalau selama ini
hubungan
kekeluargaan antara kedua belah pihak belum begitu jelas, maka dengan
terlaksananya pernikahan ini menjadi jelaslah hubungan kekeluargaan
mereka
dan diharapkan hubungan tersebut akan langgeng selamanya. Dengan
demikian
tindak tutur dalam ujaran ini adalah mempertegas keinginan anak boru
dan
mengharapkan adanya kebersamaan.
c. Kategori Living `Kehidupan'
Kategori living adalah ruang persepsi manusia yang berkaitan dengan
kehidupan flora. Ungkapan metaforanya sebagai berikut:
Napuran nami na opat ganjil lima gonop.
`Sirih kami yang empat ganjil lima genap'
Metafora dengan lambang kias opat ganjil lima gonop maksudnya adalah
apabila seseorang makan sirih biasanya sirih tersebut harus dicampur
dengan
kapur, gambir dan pinang sehingga jumlahnya empat macam. Campuran
sirih
tersebut belum dikatakan sempurna apabila belum disertai dengan
tembakau
sebagai unsur yang ke lima.
Metafora di atas ini dapat diinterpretasikan apabila seseorang
melakukan suatu
pekerjaan haruslah dipikirkan matang-matang dan dipersiapkan segala
sesuatunya dengan bersungguh-sungguh sehingga menimbulkan hasil yang
maksimal. Apabila dikaitkan dengan konteks DNT, setiap acara adat di
Mandailing dapat dikatakan sah secara hukum adat apabila dihadiri
oleh
kelompok yang lima yaitu suhut, kahanggi, anak boru, mora dan
harajaon.
Contoh lainnya adalah:
I son tarida do i ibana ayu ara nagodang, batangna pade parsisandean,
torjangna parsigantungan, banirna parholipan, bulungna parsilaungan.
`Di sini terlihat ada pohon kayu yang besar, batangnya tempat
bersandar,
akarnya tempat bergantung, akar besarnya tempat bersemubunyi, dan
daunnya tempat berlindung'
Lambang kias pada metafora di atas adalah ayu ara na godang yang
dikiaskan kepada seorang raja yang kuat, yang punya hukum adat, punya
serdadu yang kuat (anak boru), punya istana, bersifat adil dan suka
membantu
orang yang susah. Tuturan ini disampaikan oleh pihak anak boru
kepada suhut.
Secara implisit tindak tutur dalam ujaran ini adalah meminta pihak
suhut agar
mau mewujudkan keinginan anak boru.
…dapdap na so dahapon.
`… pohon dapdap yang tidak bisa dipeluk'
Metafora pada contoh ini terdapat pada kata dapdap. Dapdap adalah
sejenis pohon yang batangnya berduri dan biasanya tumbuh di kebun-
kebun
yang digunakan untuk melindungi tanaman coklat. Pohon ini tidak bisa
dipeluk
karena akan melukai diri kita sendiri. Untuk memahami makna metafora
ini
harus dikaitkan dengan budaya Mandailing dalam konsep DNT yaitu pihak
anak boru harus menjaga hubungan baik dengan mora. Apabila timbul
salah
paham dapat menyebabkan terjadinya malapetaka. Dengan demikian anak
boru
harus berhati-hati dan penuh pertimbangan apabila bergaul dengan
mora.
… na mangido ma mada hami on lopok ni tobu suanon.
`… ami meminta stek tebu untuk bibit'
Metafora lopok ni tobu `stek tebu' beranalogi dengan punya keturunan.
Untuk memahami interpretasi metafora ini harus dikaitkan dengan
konteks
budaya Mandailing bahwa anak boru berharap agar anak gadis dari mora
yang
akan mereka pinang dan jadi isteri anak laki-laki mereka akan
memiliki
keturunan yang baik-baik.
d. Kategori Animate `Bernyawa'
Kategori animate adalah medan makna ruang persepsi manusia yang
berhubungan dengan dunia fauna. Contohnya sebagai berikut:
Habang ninna lanok i laut siborang binoto do dia jantan sanga boru-
boru.
`Ia tahu lalat yang terbang di seberang lautan mana yang jantan dan
mana
yang betina'
Metafora dengan lambang kias lanok i laut siborang berasosiasi
dengan kemampuan luar biasa yang dimiliki seseorang yang tidak
dimiliki oleh
orang yang biasa. Metafora ini dapat diinterpretasikan apabila
mengacu kepada
keseluruhan konteks kalimatnya yakni menggambarkan seorang raja dalam
sistem DNT harus memiliki kemampuan dan kebijaksanaan yang lebih dari
masyarakat biasa untuk kepentingan bersama. Metafora ini disampaikan
oleh
panusunan bulung (raja) kepada kedua mempelai dan ilokusinya kedua
mempelai menjadi orang yang bijaksana nantinya. Metafora lainnya
adalah:
… rap kita tandai, na margading do on marbulele I mandailing Godang.
`… sudah kita ketahui bahwa mereka yang datang sesuai dengan adat
istiadat yang berlaku di Mandailing'
Bulele dan gading biasanya dimiliki oleh seekor gajah. Metafora
Margading do
on marbulele bermakna bahwa pihak pengantin laki-laki yang datang
adalah
orang yang mempunyai kampung (bonabulu), memiliki keturunan (raja),
adat
istiadat dan kaya. Metafora ini juga memuat pesan bagi orang
Mandailing agar
berusaha lebih keras mencari nafkah dan tidak menjadi orang yang
miskin.
Tuturan ini disampaikan oleh pihak anak boru kepada suhut dan
ilokusinya
adalah meminta agar pihak suhut mau menerima pihak anak boru dengan
baik.
Songon langkitang di batang aek, bope inda marsitandaan tai
marsihaholongan, muda ro musu marsijagoan.
`Seperti siput di dalam air, walaupun tidak saling kenal tetapi
mereka saling
menghargai, kalau musuh datang mereka saling menjaga'
Langkitang adalah sejenis siput yang memiliki sifat kompak walaupun
tidak saling kenal. Metafora ini bermakna agar kedua mempelai selalu
memiliki kebersamaan dan suka tolong menolong untuk tujuan yang baik.
Metafora ini disampaikan oleh raja kepada kedua mempelai. Tindak
tuturnya
berupa nasihat sekaligus mengharapkan agar kedua mempelai
melaksanakan.
Biasanya metafora ini selalu dikaitkan dengan metafora lain seperti:
Ulang iba songon gunting bola-bola, tai jadi ma antong iba songon
jait
domu-domu.
`Jangan kita seperti gunting yang selalu memotong, tetapi jadilah
seperti
jarum yang selalu menyatukan dua benda'
¨ … i jolo muyu sada pangupa anak ni manuk pangupa ni tondi dohot
badan
….
` … di depan kamu upah-upah berupa ayam sebagai pembangkit semangat
di dalam badan ….'
Metafora pada pangupa ini dilambangkan dengan manuk `ayam'
karena sifat ayam sangat bagus di dalam merawat anak-anaknya. Kalau
ia
mengais-ngais dan mendapatkan makanan makanan itu pertama-tama akan
diberikan kepada anak-anaknya. Dalam budaya Mandailing metafora ini
bermakna anak perempuan harus tinggal di rumah karena anak perempuan
dapat merawat keluarga dengan baik. Metafora ini senada dengan
metafora
berikut ini:
Parsonduk ni raja haposan.
`Isteri raja haposan'
Makna tersirat dari metafora ini adalah seorang isteri harus berada
di rumah'
e. Kategori Human `Manusia'
Yang termasuk kategori human dalam kategori ruang persepsi adalah
keberadaan manusia itu sendiri dengan segala bentuk perilakunya untuk
memenuhi kebutuhannya termasuk kemampuannya untuk bernalar. Contohnya
dalam bahasa Mandailing sebagai berikut:
Angkon adong on na manapor-napor on.
`Harus ada yang memecah-mecahkan'
Metafora dengan lambang kias na manapor-napor bermakna pengantin
hendaknya mendapat keturunan secepatnya. Situasi tutur adalah pada
waktu
pemberangkatan pengantin dari pihak perempuan ke pihak pngantin laki-
laki
dan anak boru dalam tuturannya mengharap agar kedua pengantin cepat
memperoleh keturunan.Metafora berikut ini memiliki interpretasi yang
sama
dengan metafora sebelumnya (no.23)
Muda dung pade pangalaho dapot hami on nian manggolom-golom tangan si
amun, dohot manogu-nogu tangan siambirang.
`Keinginan kami sudah tiba saatnya tangan kanan mampu tangan kiri
menatah'
PENUTUP
Berdasarkan uraian tentang metafora dalam tuturan upacara mangupa
dengan
menggunakan medan makna ruang persepsi manusia model Haley, ditemukan
20 metafora yang maknanya tidak dapat dijangkau secara langsung
melainkan
harus melalui konteks. Pengetahuan MM tentang medan makna ruang
persepsi
manusia model Haley ini sangat signifikan dalam arti memenuhi semua
kategori.
Kategori ruang persepsi animate merupakan kategori yang paling
banyak ditemukan (20%). Hal ini menunjukkan bahwa MM harus selalu
tolong
menolong untuk tujuan yang baik dan anak perempuan harus tinggal di
rumah.
Berikutnya kategori being (15%) yang menunjukkan bahwa adanya
keingintahuan yang sangat besar bagi MM tentang hal-hal yang abstrak.
Kategori objek (15%) yang menunjukkan bahwa MM harus bertanggung
jawab
tidak hanya kepada keluarga inti tetapi juga kepada keluarga yang
lebih luas
(extended family). Kemudian kategori cosmos, terrestrial, living dan
human
masing-masing (10%). Kategori cosmos menunjukkan keyakinan bahwa di
dalam hidup ini ada pihak yang tidak boleh dilawan dan harus
dipatuhi.
Selanjutnya kategori terrestrial menunjukkan bahwa MM harus beradat
dan
hidup sesuai dengan adat yang berlaku. Kategori living menunjukkan
bahwa
MM selalu bermusyawarah untuk memutuskan sesuatu baik mengenai hal-
hal
yang konkret maupun yang abstrak. Kemudian kategori human menunjukkan
bahwa seseorang harus bekerja keras dan harus memiliki anak laki-
laki sebagai
pembawa garis keturunan. Adapun kategori yang paling sedikit
ditemukan
adalah kategori energy dan substance masing-masing
(5%). Kategori
substance dan energy mengimplikasikan bahwa MM harus bekerja keras
dan
tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi juga harus memikirkan
orang lain.
Ditemukannya kategori-kategori di atas menunjukkan kedekatan atau
interaksi
MM dengan unsur-unsur makna mengenai lingkungan yang ada di
sekitarnya.
DAFTAR PUSTAKA
Brown, Gillian and Yule, George. 1986. Discourse Analysis. London:
Cambridge University Press.
Harahap, Basyral Hamidi. 1991. Horja. Jakarta: Parsadaan Marga
Harahap
Dohot Anak Boruna.
Hasibuan L.P. 1989. Pangupa: Buku Nenek Moyang Masyarakat Tapanuli
Selatan. Medan.
Lakoff, George and Johnson, Mark. 1980. Metaphors We Live By.
Chicago:
Chicago University Press.
Leech, D.N. 1993. Principles of Pragmatics. New York: Longman.
Nasution, Pandapotan. 1994. Uraian Singkat Tentang Adat Mandailing
Serta
Tatacara Perkawinannya. Jakarta: Widya Press.
Purba, Parlindungan. 2002. "Ruang Persepsi Metafora Pada Umpasa
Masyarakat Batak Toba: Suatu Kajian Pragmatik". Tesis. Medan:
Sekolah Pascasarjana USU.
Ricoeur, Paul. Filsafat Wacana: Membelah Makna dalam Anatomi Bahasa.
Terjemahan
Saeed, John. 2000. Semantics. Oxford: Blackwell.
Sibarani, Robert. 2003. Semantik Bahasa Batak Toba. Jakarta: Pusat
Bahasa
Depdiknas.
Silalahi, Roswita. 2005. "Metafora Dalam Bahasa Batak Toba". Dalam
Logat,
Jurnal Ilmu-Ilmu Bahasa an Sastra. Vol.1, No.2. Medan: Fakultas
Sastra USU.
Siregar, Bahren Umar. 2002. "Pemerolehan Tindak Tutur dan Siasat
Kesantunan: Suatu Ancangan teoritis". Studi Kultura, Tahun ke 1, 2.
Linguistik Indonesia, Tahun ke 26, No. 1, Februari 2008
87
__________. 2004. "Semantik-Pragmatik Metonimi dan Metafora". Dalam
Katharina E.Sukamto (peny.). Menabur Benih Menuai Kasih. Jakarta:
Obor.
__________. 2005. "Jeruk Kok Minum Jeruk: Gejala Metaforisasi dan
Metonimisasi dalam Bahasa Indonesia". Linguistik Indonesia. Tahun
ke 23, 2.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Wahab, Abdul. 1995. Isu Linguistik: Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Surabaya: Airlangga University Press.
Khaerunissa
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Jl. Setiabudi 229
Bandung 40154
dari milis : sa-roha@yahoogroups.com